Terkuak! Ini Hasil Temuan Tim Investigasi Kantor Sri Mulyani

Konferensi Pers Perkembangan Pemeriksaan Sdr RAT dan Sdr ED. (CNBC Indonesia/Anisa Sopiah)

Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan membentuk tiga tim investigasi untuk meneliti jejak kekayaan Rafael Alun Trisambodo.

Dari penelusuran ini, ditemukan bahwa Rafael terbukti tidak menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap perilaku ucapan dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan.

Adapun, tindakan tersebut a.l. yang bersangkutan tidak melaporkan LHKPN secar benar, dan tidak patuh membayar pajak, serta gaya hidup pribadi dan keluarga tidak sesuai atas kepatutuan dan kepantasan sebagi ASN.

Irjen Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh mengatakan pihaknya membentuk tiga tim. Pertama, tim eksaminasi harta kekayaan, jadi kita periksa laporan yang bersangkutan.

“Adapun hasil tim ekaminasi harta kekayaan hasilnya Itjen telah meniliti seluruh harta dan mencocokan bukti kepemilikannya,” papar Awan dalam konferensi pers, Rabu (8/3/2023).

Dalam tim ini, Itjen juga meneliti mendalam atas harta yang ada di media sosial, baik itu video, foto, dan sebagainya.

Kemudian, tim kedua adalah tim penelusuran harta yang belum dilaporkan. Hasilnya, tim penelusuran harta menemukan terdapat hasil usaha sewa yang tidak sepenuhnya dilaporkan dalam harta kekayaan. Selain itu, Rafael diketahui tidak melaporkan sejumlah uang tunai dan bangunan yang dimiliki.

Awan melanjutkan tim ketiga menemukan sebagian aset bahwa ada aset yang diatasnamakan pihak-pihak terafiliasi.

“Itu bisa orang tua, kakak, adik, teman, seperti itu,” tegasnya. Dengan demikian, ketiga tim menemukan dugaan kuat adanya fraud di dalam kasus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*