Sembilan Orang Ditemukan Tewas dalam Kapal Angkut Migran di Tunisia

Jakarta – Penjaga pantai Tunisia menemukan sembilan migran tewas. Mereka ditemukan di atas kapal yang hanyut di Mediterania di lepas pantai selatan pelabuhan Zarzis.
Dilansir AFP, Jumat (16/2/2024) kapal tersebut membawa lebih dari 50 penumpang dari berbagai negara. Disebutkan kapal mengalami kerusakan.

“Mengalami kerusakan akibat masuknya air,” kata Garda Nasional dalam sebuah pernyataan.

Media Tunisia mengatakan kapal tersebut berlayar ke Eropa dari negara tetangga Libya. Juru bicara Lassad Horr mengatakan kantor kejaksaan provinsi telah membuka penyelidikan atas kematian tersebut.

“Kemungkinan besar mereka meninggal setelah kewalahan oleh asap bahan bakar di dasar kapal,” kata Horr.

Disebutkan, para penumpang semuanya laki-laki, berasal dari negara-negara termasuk Bangladesh, Mesir, Pakistan dan Suriah, tambahnya.

Tunisia dan Libya adalah titik keberangkatan utama di Afrika Utara bagi ribuan migran gelap yang mempertaruhkan nyawa mereka setiap tahun demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan 2.498 orang tewas atau hilang saat mencoba melintasi Mediterania tengah tahun lalu, meningkat 75 persen dibandingkan tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*