Investor Grab Rugi Rp 473 Triliun, Penyebabnya GoTo

Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri menerima CEO SoftBank Jepang Masayoshi Son, Jumat (10/1) pagi.  (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

SoftBank Vision Fund rugi 4,3 triliun yen (Rp 473 triliun) padahal dana investasi tersebut adalah pemilik saham banyak unicorn, termasuk GoTo dan Grab.

Kerugian SoftBank Vision Fund masih membengkak meskipun saham teknologi di bursa saham mulai rebound setelah anjlok sepanjang 2022.

Sepanjang tahun pajak yang https://5.61.57.251/ berakhir pada 31 Maret 2023, Vision Fund membukukan kerugian 4,3 triliun yen dibanding kerugian 2,55 triliun yen pada periode sebelumnya.

Kerugian di dana investasi yang dipimpin oleh Masayoshi Son tersebut membuat SoftBank rugi 5,28 triliun yen pada periode yang sama dibanding rugi 3,43 triliun pada tahun sebelumnya.

SoftBank Vision Fund berhasil mencetak keuntungan signifikan dari penjualan saham perusahaan teknologi terkenal seperti Uber. Namun, penurunan tajam harga saham perusahaan AI China SenseTime dan GoTo, membuat mereka harus mencatat kerugian besar.

SoftBank adalah salah satu investor kelas kakap di Tokopedia dan Grab. Setelah Tokopedia merger dengan GoTo, SoftBank menjadi salah satu pemilik GoTo.

Selain Uber, SoftBank telah memutuskan untuk menjual saham mereka di perusahaan-perusahaan teknologi global demi mencari dana tunai. Kerugian SoftBank berhasil ditekan lewat hasil penjualan saham T-Mobile dan Alibaba. Adapun saham SoftBank di Uber dijual pada Agustus 2022.

Menurut CFO SoftBank Yoshimitsu Goto, dikutip oleh CNBC International, perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh SoftBank punya modal yang memadai. Dia menyatakan SoftBank punya deretan perusahaan yang siap masuk bursa, yang kini valuasi totalnya mencapai US$ 37 miliar.

Vision Fund dibentuk oleh Son untuk berinvestasi di perusahaan yang diprediksi bakal tumbuh cepat. Namun, kecemasan di pasar seham akibat suku bunga tinggi membuat investor hengkang dari saham perusahaan berisiko tinggi seperti perusahaan teknologi.

Kerugian besar di SoftBank membuat Son terpaksa lengser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*