Hore! Jokowi Guyur Beras Bansos ke 21 Juta Penerima Hari Ini

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso melakukan seremonial pelepasan penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan 2023 di Kantor Wilayah Jakarta dan Banten Perum Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023). (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas melakukan seremonial pelepasan penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan 2023 di Kantor Wilayah Jakarta dan Banten Perum Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

Sebanyak 13 truk milik Pos Indonesia dengan spanduk Bulog terparkir rapi di halaman parkir Kanwil Bulog Jakarta dan Banten.

“Hari ini melaunching bantuan sosial yang akan diberikan kepada 21 juta lebih KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Sebenarnya ini sudah dimulai dari bulan Maret, sudah berjalan. Tetapi serentaknya dimulai hari ini,” kata Buwas saat menyampaikan sambutannya di lokasi.

Dia mengatakan, penyaluran CBP untuk bantuan sosial berupa beras ini merupakan penugasan yang diberikan kepada Perum Bulog. “Penugasan tersebut merupakan tindak lanjut dari Bapak Presiden pada rapat yang dilaksanakan pada 2 Maret 2023,” ujarnya.

Adapun bansos beras yang disalurkan tersebut untuk mengurangi beban masyarakat sasaran bantuan pangan, dalam rangka untuk menangani kerawanan pangan, stunting, serta menjaga inflasi dari kestabilan harga beras di tingkat konsumen.

“Pada peluncuran bantuan beras ini, Perum Bulog sudah menyiapkan alokasi untuk 3 bulan, pengalokasian tersebut telah disiapkan untuk melayani masyarakat. Sesuai dengan data yang diterima Kemensos, pagu yang ditetapkan adalah 10 kg beras (per 1 KPM) sehingga setiap bulannya dibutuhkan beras sebanyak 210 ribu ton,” terangnya.

Untuk diketahui, beras bansos yang akan disalurkan Bulog adalah sebanyak 213.030 ton beras per bulan dan akan dilakukan selama 3 bulan ke depan. Target penyaluran adalah 21,353 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Setiap keluarga nantinya akan mendapatkan sebanyak 10 kg beras per bulan, terhitung mulai dari Maret hingga Mei 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*