Eks Bos Google Ungkap Penyebab Utama Orang Gagal Dapat Kerja

Sejumlah warga mencari lowongan pekerjaan di pameran bursa kerja di Pasaraya Blok M, Jakarta, Kamis, 28/7. Sebanyak 5000 lowongan dari 46 perusahaan hadir untuk membuka karyawan baru. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Wawancara adalah salah satu tahapan penting yang harus dilewati ketika melamar pekerjaan. Namun, tidak sedikit kandidat yang gagal dalam salah satu proses krusial ini.

Dilansir dari CNBC Make It, mantan Vice President (VP) Google, Claire Hughes Johnson mengungkapkan bahwa salah satu penyebab gagalnya sejumlah kandidat dalam wawancara adalah tidak memiliki self-awareness atau kesadaran diri.

Kesadaran diri adalah kondisi ketika seseorang memahami dirinya sendiri. Dalam dunia kerja, kesadaran diri penting untuk dimiliki agar seseorang mengetahui apa yang harus dikembangkan dari dirinya, seperti kemampuan dan keterampilan.

“Ketika seseorang sangat sadar diri, mereka lebih termotivasi untuk belajar karena mereka jujur tentang apa yang perlu mereka kerjakan. Mereka juga berhubungan baik dengan kolega dan manajer,” sebut Claire, dikutip Rabu (8/3/2023).

Studi yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa dari 95 persen orang yang mengira bahwa mereka memiliki kesadaran diri, hanya 10 hingga 15 persen orang yang benar-benar sadar diri.

Berikut tanda-tanda bahwa Anda tidak memiliki kesadaran diri menurut Claire.

  1. Anda sering mendapatkan respon yang Anda juga tidak setuju. Hal ini menunjukkan bahwa cara orang lain memandang Anda berbeda dari cara Anda memandang diri sendiri
  2. Anda sering merasa frustrasi dan kesal karena tidak setuju dengan arahan atau keputusan tim
  3. Anda sering merasa lelah setelah bekerja dan tidak tahu penyebabnya
  4. Lantas, bagaimanakah cara membangun kesadaran diri?

    1. Pahami Nilai-nilai Diri

    Guna memiliki kesadaran diri, Anda harus mengetahui apa yang penting bagi Anda, apa yang membuat Anda bersemangat, dan apa hal yang bisa melemahkan Anda. Bila mengetahui hal-hal tersebut maka Anda bisa memahami bagaimana cara Anda bekerja.

    2. Identifikasi Gaya Kerja Anda

    Dalam mengidentifikasi gaya kerja, cobalah untuk mencatat pencapaian dan titik terendah Anda saat bekerja selama beberapa minggu. Melalui catatan tersebut, Anda bisa melihat bagaimana pola bekerja Anda.

    Jika kesulitan untuk memercayai insting sendiri, coba tanyakan kepada seseorang yang berkompeten untuk menilai terkait kapan Anda melakukan pekerjaan terbaik dan terburuk.

    3. Analisis Keterampilan dan Kemampuan

    Ketika wawancara, Anda harus percaya diri tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Sebelumnya, coba tanyakan dua pertanyaan berikut kepada sendiri.

    • Apa keterampilan yang saya miliki dan perlu dikembangkan?
    • Apa kemampuan yang telah saya miliki dan peroleh dari waktu ke waktu?

    Anda tidak dapat menjelaskan jenis pekerjaan yang dilakukan dan tidak disukai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*