Daftar Artis Tolak Tampil di Penobatan Raja Charles, Kenapa?

Raja Inggris Charles memberi hormat saat meninggalkan Wellington Arch pada hari pemakaman kenegaraan dan pemakaman Ratu Elizabeth Inggris, di London, Inggris, 19 September 2022 (REUTERS/TOBY MELVILLE)

Konser Penobatan Raja Charles III yang akan digelar dua bulan lagi dilanda gelombang penolakan. Ini dilakukan sejumlah artis papan atas Inggris.

Diketahui Raja Charles akan dimahkotai di Westminster Abbey Sabtu, 6 Mei. Upacara keagamaan itu sendiri dipimpin Uskup Agung Canterbury dan dilanjutkan dengan konser pop pada Minggu malam, yang disiarkan langsung di Kastil Windsor oleh BBC.

Mengutip Newsweek, sejauh ini ada tujuh nama besar yang sudah menolak. Kenapa?

Adele

Penyanyi lagu film James Bond ‘Skyfall’ adalah salah satu bintang besar pertama yang disebutkan menolak tampil dalam acara tersebut. Uniknya, berita itu kemungkinan besar tidak mengejutkan penggemar.

Pada Oktober 2021, Adele sempat diminta oleh Vogue untuk memilih antara Pangeran Harry dan Pangeran William dan dia memilih Harry. Meski begitu, Adele tidak mengatakan apa pun di depan umum untuk menunjukkan adanya penentangan dengan monarki Inggris.

Sebelumnya Adele sempat diangkat menjadi MBE oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2013. Charles sendiri yang memberinya kehormatan di Istana Buckingham.

Elton John

Elton John terkenal dekat dengan Putri Diana, mantan istri Charle. Ia bahkan menulis ulang salah satu lagunya, ‘Candle in the Wind’, sebagai penghormatan setelah kematiannya di 1997.

Sejak itu, dia menjadi tokoh kunci dalam kehidupan putra-putra Diana. Khususnya Pangeran Harry serta istrinya Meghan Markle.

John diketahui menyarankan pasangan itu untuk menyewa penasihat luar istana untuk menuntut pers Inggris. John juga mengundang pasangan itu untuk tinggal bersamanya di 2019, saat media gencar menulis hal-hal buruk terkait pasangan itu.

Namun alasan John untuk menolak tawaran tersebut dilaporkan tak terkait masalah pribadi. Ini hanya karena bentrok dengan jadwal turnya di Jerman.

Spice Girls

Spice Girls juga dilaporkan menolak tampil. Grup tersebut dilaporkan tidak dapat menemukan waktu latihan karena waktu yang bentrok antara anggota mereka.

Salah satu grup terbesar Brit Pop tahun 1990-an ini, sempat menjadi bintang tamu dalam sejarah kerajaan. Spice Girls sempat tampil di beberapa kesempatan dan khususnya terkait dengan Charles.

Harry Styles

Menurut The Sun, Styles juga tak bisa tampil karena jadwal. Ia disebut sedang menjalani tur global yang baru tiba di Inggris pada 22 Mei, dua minggu kemudian.

Kylie Minogue

Kylie Minogue juga telah menarik diri dan tidak bisa tampil. Politik menjadi alasan.

Ia disebut sosok yang meyakini negara harus menyingkirkan raja sebagai kepala negara. Meskipun dalam beberapa pemberitaan sumber surat kabar, ia mengatakan masih mengagumi keluarga kerajaan dan semua yang mereka lakukan.

Ed Sheeran dan Robbie Williams

Ed Sheeran dan Robbie Williams juga dikabarkan mengindikasikan bahwa mereka tidak bisa tampil di konser tersebut. Alasannya belum diketahui.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*