Batas Akhir Usulan Formasi CASN 30 April, Pemda Apa Kabar?

Press Statement THR dan Gaji 13

Proses penyelenggaraan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sudah mulai bergulir. Tahapannya sudah masuk pembukaan usulan formasi yang dibutuhkan kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, K/L maupun Pemda masih diberi ruang untuk mengajukan kebutuhan formasi CASN 2023 sampai 30 April 2023.

“Pertama terkait dengan pengadaan ASN 2023 telah dibuka, dan K/L serta Pemda diberikan kesempatan untuk menginput dalam e-formasi sampai dengan 30 April 2023,” kata Anas kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/4/2023).

“Khusus untuk K/L selain PPPK juga kami menyiapkan formasi CPNS secara terbatas, namun untuk Pemda formasi yang siapkan adalah PPPk dengan fokus guru dan tenaga kesehatan serta tenaga teknis lainnya. Terkait dengan jumlah formasi kami masih menunggu usulan dari masing-masing lembaga,” tutur Anas.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni sebelumnya juga telah mengatakan, untuk penetapan formasi kebutuhan CASN akan diumumkan pada April 2023. Dengan begitu, pada kuartal III 2023 atau mulai Juni 2023 pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK sudah bisa dimulai.

“Sudah ada kalender, target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober kuartal III, sekarang kuartal II masuk formasi sudah ditetapkan dan kuartal III baru kita sudah mulai eksekusi,” ujar dia saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Anas menjelaskan, CASN yang dibuka tahun ini termasuk untuk kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS), tapi hanya untuk cakupan K/L. Sedangkan untuk Pemda, kebutuhannya hanya untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Alex memastikan, pembukaan seleksi CASN pada tahun ini adalah untuk seluruh kebutuhan formasi, baik CPNS maupun PPPK. Yang terpenting terbuka untuk umum, tidak hanya bagi para calon dari sekolah kedinasan saja maupun untuk tenaga kesehatan fan tenaga pendidikan.

“Clue nya lebih banyak dari tahun ini. Karena tahun ini kan kita target menyelesaikan THK II non ASN dan lain-lain. Tapi sekarang semua, akan ada CPNS juga dan PPPK juga,” tutur Alex.

Kementerian PANRB telah mengajukan kebutuhan CASN 2023 sebanyak 1 juta lebih formasi kepada Kementerian Keuangan, namun dengan masih terbukanya ruang usulan bagi K/L atau pun Pemda sampai akhir bulan ini, maka jumlahnya bisa saja berkembang lagi.

Ada empat arah kebijakan pengadaan ASN 2023, pertama adalah fokus pelayanan dasar; kedua, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital; ketiga, merekrut CASN secara selektif; dan keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Pemerintah turut memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Formasi CASN 2023 akan dibuka untuk hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*