10 Artis yang Ikut Nyaleg dalam Pemilu 2024, Ada Idola Kamu?

Nafa Urbach (Tangkapan Layar Instagram @nafaurbach)

Sejumlah artis dan musisi dipastikan ikut mendaftarkan diri mereka sebagai calon legislatif pada Pemilu 2024. Mereka diusung langsung oleh masing-masing partai politik.

Bukan tanpa sebab, popularitas yang dimiliki oleh artis diyakini akan berkontribusi pada kesuksesan partai politik untuk https://188.116.26.234/ meraih bangku di kursi dewan. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya:

1. Ahmad Dhani – Gerindra

Pendiri grup musik Dewa 19, Ahmad Dhani menjadi bakal calon anggota DPR RI dari Dapil I Jawa Timur I yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Tak hanya itu saja, Muzani lanjut menyebutkan ada tokoh terkenal lain yang menjadi bacaleg Gerindra, seperti Rachel Maryam Sayidima, Jamal Mirdad, Taufik Hidayat, Ari Sihasale, Derry Drajat, Didi Mahardika.

2. Melly Goeslaw – Gerindra

Sama seperti Ahmad Dhani, musisi Melly Goeslaw juga diusung bakal caleg oleh Partai Gerindra di Pemilu 2024.

3. Once Mekel – PDIP

Mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel akan menjajal dunia politik. Diketahui Once Mekel maju sebagai caleg dari fraksi PDIP bersama dengan teman-teman artis lainnya. Once pun sudah dibekali kaderisasi dan materi-materi perpolitikan dari PDIP.

Beberapa artis lainnya yang diusung PDIP yakni Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Kris Dayanti, Lucky Perdana, Denny Cagur dan Tamara Geraldine.

4. Nafa Urbach dan Ali Syakieb – NasDem

Aktor Ali Syakieb diketahui tergabung dalam jajaran Partai NasDem. Ali akan menjadi caleg untuk anggota DPR RI pada Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) 11 Provinsi Jawa Barat.

Selain Ali Syakieb, Nafa Urbach juga telah bergabung dengan Partai NasDem dari dapil Jawa Tengah VI.

Beberapa artis bakal caleg Partai Nasdem di Pemilu 2024 lainnya yakni Annisa Bahar, Reza Artamevia, Ramzi, dan Didi Riyadi.

5. Tommy Kurniawan – PKB

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, telah menyerahkan daftar 580 bakal calon anggota legislatif (caleg).

Cak Imin menyebut ada sejumlah artis ikut menjadi caleg PKB dalam gelaran pemilu nanti, termasuk Tommy Kurniawan, Iyeth Bustami, Arzeti Bilbina, Camelia Lubis, Zora Vidyanata, dan Norman Kamaru.

6. Choky Sitohang – NasDem

Ketertarikan presenter Choky Sitohang untuk maju ke dunia politik membuatnya maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI untuk kedua kalinya. Sama seperti Ali Syakieb, Choky diusung oleh partai NasDem.

Sebelumnya, tahun 2019 Choky Sitohang mencalonkan diri menjadi Caleg dari Partai Perindo. Namun, langkahnya ke DPR RI terhenti karena Perindo tak lolos dalam parlementary treshold.

Untuk kali kedua ia maju mejadi Caleg DPR RI untuk 2024 namun melalui Partai Nasdem.

7. Narji – PKS

Komedian Sunarji alias Narji juga bakal terjun ke dunia politik. Narji merupakan salah satu dari 580 bacaleg PKS yang resmi mendaftarkan diri ke KPU beberapa waktu lalu.

Narji akan maju dari dapil Jawa Tengah (Jateng) X. Dapil tersebut meliputi Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kota Pekalongan.

8. Arumi Bachsin – Partai Demokrat

Nama Arumi Bachsin sudah tak asing lagi di dunia hiburan karena pernah membintangi sejumlah judul sinetron. Lama tak aktif di dunia hiburan setelah menikah, kini namanya masuk dalam deretan artis yang bergabung bakal jadi caleg di Pemilu 2024 dari Partai Demokrat.

Partai Demokrat memasukkan nama-nama artis dalam daftar caleg yakni Ingrid Kansil, Dina Lorenza, Emilia Contessa, Dede Yusuf dan Arumi Bachsin.

9. Pasha Ungu – PAN

Pasha Ungu bersama sang istri Adelia Pasha akan maju sebagai calon legislatif dari Partai Amah Nasional (PAN). Setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Walikota Palu, kali ini Pasha mengincar kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 DKI Jakarta.

10. Verrell Bramasta – PAN

Sukses dalam kariernya di dunia hiburan, Varrell Bramasta dikabarkan akan melebarkan sayap di dunia politik. Aktor muda itu bakal maju sebagai calon legislatif yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Jika terpilih sebagai wakil rakyat, Verrell ingin memperjuangkan aspirasi anak muda terkait KDRT. Ia berharap upayanya tersebut bisa berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*